(2014) Chinese provincial series Atlas: Atlas Inner Mongolia(Chinese Edition)

(2014) Chinese provincial series Atlas: Atlas Inner Mongolia(Chinese Edition)

Kimia Reaksi antara metanol (ch 3 oh) dan asam propanoat (ch 3 ch 2 cooh) yang dipanaskan pada suhu tertentu akan menghasilkan !

Reaksi antara metanol (ch 3 oh) dan asam propanoat (ch 3 ch 2 cooh) yang dipanaskan pada suhu tertentu akan menghasilkan !

Metanol (CH3OH) jika direaksikan dengan asam propanoat (CH3CH2COOH) akan menghasilkan CH3COOCH3 atau dikenal dengan nama metil propanoat.  persamaan reaksinya adalah sebagai berikut :

CH3OH + CH3CH2COOH → CH3CH2COOCH3 + H2O

Pembahasan

Reaksi antara asam alkanoat (asam karboksilat) dengan alkanol (alkohol) disebut dengan reaksi esterifikasi. Produk yang dihasilkan adalah suatu alkil alkanoat (ester) dengan produk samping berupa air. Ester asam karboksilat adalah suatu senyawa yang mengandung gugus CO2R dengan R dapat berbentuk alkil maupun aril. Esterifikasi berkataliskan asam dan merupakan reaksi yang reversibel. Laju esterifikasi suatu asam karboksilat bergantung terutama pada halangan sterik dalam alkohol dan asam karboksilatnya. Kuat asam dari asam karboksilat hanya memainkan peranan kecil dalam laju pembentukan ester.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut mengenai materi reaksi esterifikasi pada link berikut :

https://brainly.co.id/tugas/4743508?referrer=searchResults

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

[answer.2.content]